Raudhatul Athfal Terpadu Yaa Bunayya, didirikan pada tahun 2000 Keberadaannya diprakarsai oleh Muslimah Hidayatullah (Mushida), di bawah naungan Yayasan Al Iman, Lembaga Pendidikan Integral Hidayatullah Kebumen. Dengan adanya pendidikan usia Dini di Pusat (Surabaya) maka Pengurus Yayasan Al Iman Kebuman  Di Pimpin Oleh Ustadz Akhmad Yunus dan Pengurus Muslimat Hidayatullah Kebumen bermusyawarah untuk menyepakati mendirikan pendidikan usia dini di Kebumen, dengan nama Kelompok Bermain & raudhatul Athfal Terpadu Yaa Bunayya sebagai Kepala Sekolah awal ditunjuk oleh Pengurus Yayasan adalah Ustadzah Dra. Ec. Ratnah dan di bantu oleh 5 Guru, Amanah yang tidak ringan ini, kami lakukan dengan pertimbangan dakwah.

Pendirian Kelompok Bermain & Raudhatul Athfal Terpadu Yaa Bunayya ini diharapkan dapat memberikan warna baru bagi perkembangan dunia pendidikan, yaitu sebagai sekolah yang mendasarkan pada nilai-nilai ajaran islam dengan mengelola kegiatan bermain anak hingga lebih terprogram.Kegiatan awal dilaksanakan di sebuah rumah Kontrakan di jalan Indarakila dengan menggunakan alat main seadanya yang digelar bongkar pasang. Ternyata sambutan masyarakat sangat antusias terbukti dengan siswa yang daftar  Kelompok Bermain 20 siswa dan TK/RA 30 Siswa.  Pendidikan Usia Dini  di Raudhatul Athfal Terpadu Yaa Bunayya berusaha memberikan pendidikan yang terbaik untuk anak-anak Indonesia khususnya di Daerah Kebumen.

Langkah berikut di Lembagakan dan Mengajukan perizinan ke Diknas untuk Kelompok Bermain  dan ke Departemen Agama untuk RA nya. Surat Izin Operasional dari Diknas Kecamatan Kebumen adalah  Nomor : 421.9/719, sedangkan dari Kantor Departemen Agama adalah Nomor : Mk.28/IV/PP.004/3579/2003

Selanjutkan kami terus berbenah dan mengembangkan diri dengan mengikuti pelatihan dan belajar mandiri. Perubahan kami lakukan dari menggunakan pembelajaran Klasikal ke Kelompok hingga kini menerapan model Sentra, Tahun 2010 kami menambah program layanan dengan Tempat Pengasuhan Anak “Shabrun Jamil” dan Alhamdulillah pada tahun 2007 serta tahun 2011RA kami mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah. Dengan model pembelajaran yang mengutamakan proses belajar dan berpusat pada anak, diharapkan anak memiliki kesiapan mental dan kematangan konsep di setiap aspek kemampuannya. Sehingga tidak terjadi lagi keluhan orang tua tentang anak anaknya yang sulit untuk belajar, hal ini akan tercapai jika orang tua dapat bekerja sama dengan baik.

Saat ini lembaga kami sudah mempunyai gedung sendiri di lingkungan Kompleks Islamic Center yang nyaman sebagai peraga aktual untuk penerapan adab-adab islam yang sangat berpengaruh pada pembentukan karakter anak, sehingga mengurangi pengaruh negatif dari masyarakat di lingkungan luar sekolah dengan memiliki Motto “Excellent With Integral Character“, yang artinya Unggul dengan Karakter Integral